1. Bahasa resmi Turki adalah bahasa Turki, meski bahasa lain digunakan oleh minoritas kelompok Arab dan Kurdi. Bahasa Turki adalah bagian dari keluarga bahasa, yang sama digunakan di Azebaijan dan Negara-negara Asia Tengah, seperti Turkmenistan dan Uzbekistan. Bahasa Turki tidak ada hubungannya dengan bahasa Arab meski kedua bahasa tersebut banyak memiliki kata yang sama. Meski orang Turki itu orang muslim, tetapi mereka bukan bangsa Arab.

 

2. Kata dalam bahasa Turki yang paling panjang adalah kata “cekoslovakyalilastiramadiklarimizdanmissiniz”, yang artinya “apakah kamu salah satu orang yang bukan berasal dari Cekoslovakia?”

 

3. Turki memuat dua benua. Satu bagian yang luas terletak di benua Eropa dan bagian lainnya terletak di benua Asia. Bagian yang berada di Eropa dikenal dengan nama Thrace dan bagian yang masuk benua Asia dinamakan Anatolia, dan kadang-kadang disebut dengan Asia Kecil.

 

4. Istanbul pernah menjadi ibukota dari tiga kekaisaran, yaitu Kekaisaran Romawi, Bizantium, dan Ottoman.

 

5. Turki adalah anggota dari beberapa kerjasama, yaitu Council of Europe (1949), NATO (1952), OECD (1961), European Union (1963), OSCE (1973) dan Negara industry G20 (1999)

 

6. Menurut data dari Direktorat Hubungan Agama, Turki memilki 82.693 masjid, dan yang terbesar berada di Istanbul.

 

7. Kereta bawah tanah Istanbul di dsitrik Beyoglu yang dibangun tahun 1875 adalah kereta bawah tanah yang tertua ketiga di dunia setelah London (1863) dan New York (1868)

 

8. Turki telah memiliki pandangan kesamaan kedudukan bagi kaum wanita sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Salah satu kelompok yang paling kuat memerintah Turki adalah Hittites, yang berkuasa pada tahun 1750-1190 SM. Mereka memiliki budaya yang maju dan dokumen sejarahnya menyatakan bahwa mereka tidak melakukan hukuman badan pada waktu itu dan mereka juga memiliki persamaan hukum diantara sesama manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Hal itu berlangsung sampai sekarang bahwa Turki mempunyai konstitusi yang menyerukan persamaan bagi kaum wanita. Turki memberikan hak yang sama dalam pemungutan suara sebelum sebagian besar bangsa Eropa dan Amerika melakukannya.

 

9. Perjanjian internasional pertama kali di dunia adalah Perjanjian Kadesh yaitu antara bangsa Hittite dengan Kaisar Mesir, Hattusilis III dan Ramses II pada tahun 1275 SM.

 

10. Kapal karam tertua di bumi pernah terjadi dan digali di Uluburun dekat Kas, di wilayah Mediteranian Turki

 

11. Turki pernah menjadi pusat Kekaisaran Roma. Ketika Roma mulai jatuh, Kaisar Konstantin memindah ibu kota Roma ke Turki. Dalam waktu yang lama ibu kota di Turki dinamai dari namanya dan dikenal dengan Konstantinopel sebelum akhirnya berganti nama menjadi Istanbul. Kaisar Konstantin terkenal karena berpidah agama ke agama Kristen dan Turki, sampai hari ini, adalah pusat utama bagi agama Kristen Orthodoks.

 

 

12. Turki adalah Negara produsen dan pengekspor kemiri nomor satu dunia, dengan sekitar 70% dan 82% dari produksi dan ekspor dunia.

 

13. Antakya (kemudian terkenal sebagai Antioch/Antokia) adalah kota tempat Gereja Gua St. Peter atau Grotto St. Peter yang diyakini sebagai tempat lahirnya agama Kristen dan sebagai salah satu tujuan ziarah bagi umat Kristen. Gereja tersebut berupa gua yang dilubangi di sisi gunung Starius. Batu bagian muka gereja dibuat oleh pasukan perang salib yang menguasai Antioch antara tahun 1098 sampai 1268 M.

 

14. Efes adalah bir Turki. Group Minuman Efes adaah produsen bir terbesar di Turki dengan sekitar 80% pasar dan menduduki peringkat ke-12 di pasar dunia.

 

15. Orang Turki minum 10 gelas the lebih setiap harinya.

 

16. Di Turki pernah ada Fez, yaitu symbol cinta tanah air dan badge khusus orang Turki yang dipakai oleh orang laki-laki dan perempuan, bahkan oleh orang non muslim. Sekarang symbol tersebut susah ditemukan karena Fez telah dilarang sejak tanggal 30 Agustus 1925 dan pada tahun 1930 dihilangkan dari Turki.

 

17. 29 huruf alphabet Turki yang sekarang adalah dibuat sebagai inisiatif dari pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

 

18. Bunga tulip ternyata bukan berasal dari Belanda seperti yang diyakini banyak orang. Bunga Tulip adalah bunga liar yang tumbuh di Asia Tengah yang dibudidaya oleh orang Turki sejak tahun 1000 M. Bunga Tulip kemudian menyebar ke Eropa dan Belanda baru pada abad ke-17

 

19. Semenanjung Anatolia atau Turki Asia adalah salah satu wilayah tertua di dunia. Turki Eropa, disebut dengan Eastern Thrace telah berpenghuni sejah 40.000 tahun yang lalu dan telah dikenal dalam era Neolitikum pada sekitar tahun 6000 SM.

 

20. Kota kuno Troya yang sebenarnya adalah berlokasi di barat laut Turki, yang sekarang dikenal dengan nama Hisarlik.

 

21. Turki barat menjadi saksi perang Trojan/Troya yang terkenal dan menjadi tempat peristirahatan terakhir dari kuda Trojan. Perang Torya digambarkan dalam Illiad dan epos Yunani.

 

22. Sepakbola adalah olahraga paling popular di Turki. Galatasaray memenangkan UEFA Cup dan UEFA Super Cup pada tahun 2000.

 

23. Göbekli Tepe di puncak pegunanungan di wilayah Anatolia Tenggara Turki adalah contoh arsitektur monumental kuno yang terkenal yang berusia 11.600 tahun.

 

24. Julius Caesar memproklamasikan kemenangannya dengan semboyan terkenal, “Veni, Vidi, Vici (saya datang, saya bertarung, saya menang)” di Turki ketika dia mengalahkan Pontus, yaitu kerajaan hebat di wilayah laut hitam Turki.

 

25. Rumah perawan Maria tempat di mana dia menghabiskan hari terakhir hidupnya berada di bülbüldag (ephesus) dan dianggap sebagai tempat suci bagi semua agama.

 

26. Buah ceri diperkenalkan ke Roma dari wilayah Anatolia, yang sekarang dikenal dengan nama Turki sejak tahun 72 SM.

 

27. Turki mempunyai 2 situs dari 7 keajaiban dunia. Kuil Artemis di Ephesus dekat Izmir, dan makam Halicarnassus di Bodrum. Keduanya berasal dari zaman Yunani sejak abad ke-2 SM.

 

28. Manisan orang Turki adalah manisan tertua di dunia yang sudah berusia 500 tahun. Kesukaan Napoleon dan Winston Churchill adalah manisan buah kenari hijau, dan Picassol selalu makan manisan ini ketika sedang bekerja setiap harinya.

 

29. Çatalhöyük Turki adalah salah satu pusat kota pertama di dunia (pada tahun 7500 SM sampai tahun 5700 SM) dengan lukisan dinding dan seni mural yang memberikan pemandangan langsung kehidupan 9000 tahun yang lalu. Çatalhöyük juga penting untuk mengetahui asal-usul pertanian dan peradaban.

 

30. Aşure atau kue pudding Nuh adalah makanan cuci mulut orang Turki yang berasal dari keluarga Nabi Nuh. Cerita kue ini adalah ketika perahu Nabi Nuh berhenti di Gunung Ararat di sebelah tenggara Turki, maka keluarga nabi Nuh merayakannya denan makanan special yang terdiri dari beras, buah, dan kacang.

 

31. Masjid bawah tanah pertama di dunia didirikan di distrik Buyukcekmece Turki di Istanbul. Dibangun 7 meter dari permukaan tanah, masjid Sancaklar terinspirasi oleh Gua Hira dan bangunannya memenangkan peringkat pertama dalam Kompetisi Arsitektur Dunia untuk tempat-tempat keagamaan.

 

32. Turki mempunyai 11 Situs Bersejarah Dunia yang dilindungi UNESCO pada tahun 2012. Situs-situs terseut adalah Situs Arkeologi Troya, Kota Safranbolu, Masjid Agung dan Rumah sakit Divriği, Hattusha: Hittite Capital, Area Bersejarah Istanbul, Nemrut Dağ, situs Neolitik Çatalhöyük, masjid Selimiye dan komplek sosialnya, dan Xanthos-Letoon.

 

33. Kamar mandi Turki atau hammam adalah berasal dari ekspor Kekaisaran Roma ke Turki pada abad ke-7, yang sebagian berasal dari tempat pemandian Roma dan Bizantium

 

34. Danau Van adalah danau terbesar di Turki.

 

35. Makanan Turki adalah campuran dan modifikasi dari makanan Asia Tengah, Timur Tengah dan Balkan oleh koki Ottoman. Makanan Turki kaya akan daging ikan, domba, sapi, ayam, terung, kacang, bawang putih, miju-miju, cumin, merica, rempah-rempah, daun sup, dan paprika.

 

36. Orang Turki yang memperkenalkan kopi ke Eropa pada tahun 1500-an.

 

37. Orang Turki menjawab telepon dengan “My Master!”, sebagai pengganti dari “Hello”.

 

38. 7 gereja Apocalypse menyebar di wilayah Aegean Anatolia, yaitu di Ephesus, Smyrna (Izmir), Pergamum, Thyatira (Nazilli), Sardis, Philadelphia (Alasehir), dan Laodicea.

 

39. Meski ada unta di resort-resort tempat wisata untuk ditunggangi atau untuk pertunjukkan, namun di Turki sebenarnya tidak ada gurun dan unta lokal.

 

40. Garis pantai laut hitam Turki panjangnya 1650 km, sama dengan jarak antara Paris ke Berlin

 

41. Pantai-pantai Turki menduduki peringkat ke-3 dunia, dengan 383 pantai dan 21 marina (tempat pangkalan boat/kapal), dianugerahi award oleh Blue Flag, yaitu kelompok lingkungan internasional yang menilai pantai dan marina berdasarkan standar kualitas air yang tinggi, dan lingkungan yang bersih. Resort Mediterania di kota Anatolia memegang rekor dunia karena mempunyai sertifikat nilai tertinggi di seluruh dunia dari Blue Flag dengan 197 pantai dan 6 marina yang berhasil mendapat award.

 

42. St. Nicolas atau Nicolaos dari Myra, yang umumnya dianggap sebagai Santa Claus adalah orang suci umat Kristen abad ke-4 dan uskup Yunani dari Myra, adalah lahir dan hidup di Demre, di pantai Mediteranian yaitu bagian dari Turki sekarang. Meski demikian Turki tidak pernah merayakan natal.

 

43. 623 tahun pemerintah Ottoman dihapus dan diganti dengan pemerintahan yang baru “Republik Turki” yang resmi diproklamasikan pada 29 Oktober 1932 di Ankara. Mustafa Kemal menjadi presiden pertama dari pemerintahan republic ini dan memberi gelar kehormatan “Atatürk” (Bapak bangsa Turki).

 

44. Mustafa Kemal Ataturk sebenarnya lahir di Yunani. Pendiri Turki modern ini lahir pada tahun 1881 di kota Selanik atau sekarang dikenal dengan Thessaloniki.

 

45. Makanan khas Yunani, Mosussaka adalah berasal dari Turki.

 

46. Pesawat terbang Turki terbang ke 245 tujuan di 105 negara melintasi 4 benua, dan menjadikan Turki menduduki peringkat ke-4 dunia dalam jumlah tujuan penerbangan.

 

47. Turki merupakan salah satu tempat biodiversiti dunia. Kalau benua Eropa mempunyai 13.000 spesies tanaman, maka Turki mempunyai 10.000 spesies tanaman. Setiap 10 hari satu tanaman baru ditemukan di Turki. Ada 11.500 spesies bunga di Eropa dan Turki sendiri mempunyai 9000 spesies bunga. Turki adalah Negara yang kaya akan spesies burungnya. Jumlah spesies binatang di Turki adalah 80.000 dan lebih dari 100.000 termasuk spesies kecil. Eropa hanya mempunyai sekitar 60.000.

 

48. Turki menempati peringkat ke-6 sebagai tujuan wisata. Ada 35,5 juta turis berkunjung ke Turki pada tahun 2012.

 

49. Anatolia adalah tempat lahirnya Raja Midas, penyair Homer, St. Paul the Apostle, dan Bapak Sejarah, Heorodotus.

 

50. Pada tahun 2010, Turki dipilih sebagai ibukota budaya Eropa oleh Uni Eropa.

 

51. Kota Istanbul pertama kali bernama Bizantium, kemudian berubah nama menjadi Konstantinopel dan menjadi ibukota Kekaisaran Roma. Kota ini dibangun di atas tujuh bukit dengan tujuaan agar tetap bisa melihat tujuh bukit Roma

 

52. Pada zaman kekaisaran Ottoman, Istanbul telah memiliki toilet sebanyak 1.400 toilet di saat kota-kota dan bahkan istana di Eropa belum mempunyai toilet.

 

53. Stasiun kereta api Sirkeci berada di Istanbul. Stasiun ini adalah pemberhentian terakhir untuk kereta api cepat Simplon – Orion (Raja kereta api dan kereta api cepat) antara Konstantinopel dan Paris dari tahun 1883 sampai 1977.

 

54. Grand Bazzar berada di Istanbul. Mall ini berusia 540 tahun dan telah ditutup. Mall ini mempunyai 64 jalan dan mempunyai 4000 toko dengan 22 pintu masuk dan 25.000 pegawai.

 

55. Kapal nabi Nuh mendarat di Gunung Ararat (Agri Dagi) yang berlokasi di Turki Timur. Gunung tersebut adalah puncak tertinggi di Turki yang tingginya mencapai 5166 m.

 

56. Spa terbaik sebagai tempat merawat segala jenis penyakit berada di Balcova (Agamemnon) Izmir.

 

57. Robert College di Istanbul (berdiri tahun 1863) adalah sekolah Amerika tertua yang berada di luar Ameruka

 

58. Di Izmir ada lift bersejarah di jalan dimana penyanyi terkenal, Dario Moreno tinggal. Lift ini sangat unik yang bias mengangkut orang dari satu tempat ke kota lain.

 

59. Nama bahasa Inggris “Turkey” untuk ayam kalkun adalah berasal dari negeri Turki. Beberapa ratus tahun yang lalu, pedagang dari kekaisaran Ottoman (bermarkas di Turki) membawa ungags/burung dari Madagaskar dan menjual sisanya kepada orang Eropa. Maka dengan cepat “unggas Turki”mulai terkenal, kemudian dipelihara bersama dengan unggas liar local untuk dimakan. Nama “unggas Turkey (kalkun) disingkat menjadi “turkey (kalkun)”.

 

60. Jika permintaan Benjamin Franklin agar ayam kalkun (turkey) menjadi burung nasional bangsa Amerika dikabulkan, maka lambang burung elang tidak menjadi kebanggaan bangsa Amerika. Tetapi permintaan tersebut ditolak oleh Thomas Jefferson. Sejak saat itu maka burung kalkun jantan dikenal dengan sebutan “Tom”.

 

61. Perayaan Thanksgiving pada awalnya dirayakan oleh para peziarah dan tidak memakan ayam kalkun. Mereka lebih suka makan binatang buruan, buah berry, buah ek, ketela, ikan, sirup, dan maple. Sekarang, 90% orang Amerika makan daging kalkul dalam perayaan Thanksgiving.

 

62. Ayam kalkun yang masih liar sebenarnya bias terbang, tetapi ayam kalkun yang diperjualbelikan tidak bias terbang dan bahkan berjalanpun susah. Ayam kalkun yang sekarang dikonsumsi adalah tidak sama dengan ayam kalkun yang dimakan 100 atau 200 tahun yang lalu yang mempunyai data sangat besar. Ayam kalkun yang sekarang sangat melengkung, tidak bias tegak dan tidak bisa memutar dengan baik.

 

63. Keramik Iznik adalah salah satu pasar koleksi barang antik yang paling dicari.

 

64. Filosof Aristoteles pernah hidup di Assos selama tiga tahun.

 

65. Lydia yang merupakan salah satu dari peradaban besar yang hidup di Anatolia masih menyisakan peninggalannya di sekitar Salihli (Sardis) dan merupakan peradaban pertama yang menggunakan mata uang koin yang dibuat pada tahun 640 SM.

 

66. Kuil Dionysos yang menjadi symbol zaman kuno dibangun di koa Teos.

 

67. Amphora terbesar dan koleksi gelas berada di museum Bodrum, yaitu museum arkeologi bawah laut di kastil Bodrum

 

68. Raki Turki, yaitu minuman tradisional beralkohol (susu macan) dan anggur Turki terbaik banyak disajikan di seluruh restoran terkenal dunia.

 

69. Asal makanan Iskander Döner yang sangat terkenal di dunia adalah dari Bursa.

 

70. Hereke, yaitu karpet dunia dengan kualitas wol dan permadani sutera yang berkualitas baik adalah berada di Izmit (Kocaeli).

 

71. Berlian Kasikci adalah berlian terbesar di dunia yang disimpan di istana Topkapi

 

72. Museum Anatolia pernah dianugerahi sebagai museum terbaik di Eropa pada tahun 1988 oleh Konsili Eropa.

73. UNESCO mendeklarasikan museum alam terbuka Pamukkale dan Zelve sebagai Warisan budaya dunia.

 

74. Di Anatolia, pada musim semi kamu bisa main ski sekaligus berenang.

 

75. Tambang timah tertua berada di Goltepe, 60 mil sebelah utara Tarsus

 

76. Tulisan pertama kali digunakan oleh orang Anatolia kuno. Lembaran dari tanah liat pertama, ditemukan di reruntuhan Karum Assiria (koloni pedagang tahun 1950 SM)

 

77. Menurut kepercayaan tradisi Turki, orang asing di pintu masuk rumah seseorang dianggap sebagai “Tamu Tuhan” selama tiga hari

 

78. Istanbul adalah satu-satunya kota di dunia yang berada di dua benua

 

79. Konsili Ekumenikal pertama diadakan di Iznik, Turki.

 

80. Jika orang Turki memanggilmu ke rumahnya setelah kamu mengenalnya selama setengah jam, maka jangan panic. Orang turki sangat suka bergaul dan ramah dan sebagai misafir (tamu) kamu akan sangat dihormati. Mereka sangat menganggapnya sebagai suatu kehormatan jika kamu mau memenuhi panggilannya. Di rumahnya kamu akan disuguh makanan dan çay hitam pait atau kopi Turki.

 

81. Percakapan atau pertanyaan yang khas dari orang Turki ketika bertemu atau berkenalan adalah “Kamu berasal dari Negara mana?, Apakah kamu sudah menikah?, Apkah suami/istrimu orang Turki? Apakah kamu mempunyai anak? Dan Berapa umurmu sekarang?. Jika kamu berasal dari budaya yang berbeda, mungkin pertanyaan ini dianggap sangat rahasia, tetapi bagi orang Turki tidak. Orang Turki cenderung percaya diri dan bebas menceritakan pribadinya secara detail, bahkan dengan orang yang tak dikenal sekalipun.

 

82. Orang Turki sangat menyukai opera sabun. Stasiun televisi lokal manyiarkan dizi (opera sabun) dengan rating yang mengesankan. Hampir setiap wilayah di Turki mempunyai tayangan opera sabunnya sendiri. Tayangan opera sabun menjadi tayangan favorit orang Turki. Opera sabun Turki tidak hanya popular di dalam negeri, tetapi juga dilihat di seluruh dunia Arab dan Asia Tengah. Tayangan ini disukai karena meningkatnya turisme Arab di negara tersebut.

 

83. Dalam makan pagi, makan siang, makan malam selalu melibatkan alat panggang. Piknik juga popular di Turki dan mangal (barbeque) biasanya selalu dibawa. Di semua restoran juga menyajikan barbeque: dinamakan kendin pişir kendi ye (kamu masak sendiri dan makan sendiri). Di meja makan kamu akan mendapatkan barbeque panas dan sepiring daging mentah dan terserah anda mau dimasak apa.

 

84. “Darwis Berputar” adalah dansa/joget khas Turki. Dansa berputar ini terkenal dengan nama Sema, yang melambangkan tingkat spiritual laki-laki. Dengan berputar-putar pada satu poros, darwis akan mengangkat tangan kanan menuju surga untuk meraih kemurahan Tuhan, yang kemudian mengalir ke hati dan menuju ke tanah dari putaran tangan kiri ke bawah.

 

85. Novel Agatha Christie berjudul “Murder on the Orient Express” tahun 1934 ditulis ketika di tinggal di Pera Palace Hotel Istanbul. Dari tahun 1883 sampai 1977 kereta Orient Express adalah kereta pavorit untuk menyusuri Eropa.

 

86. Taman Eden di Kitab Genesis diceritakan dialiri sungai yang bercabang menjadi empat arus setelah meninggalkan taman. Diantara kedua arus tersebut adalah sungai Tigris dan sungai Eufrat yang bersumber di gunung Turki timur.

 

87. Sultan Bayazid II mengerahkan Angkatan Laut Ottoman untuk membawa kaum Yahudi yang diusir dari Spanyol pada tahun 1492 dan mereka dibawa dengan selamat ke tanah Ottoman.

 

88. Menghina Negara Turki adalah dianggap tindakan criminal

 

89. Jurnalis yang melaporkan berita yang membahayakan pemerintah siap-siap akan kehilangan pekerjaannya

 

90. Turki sangat ketat dalam masalah penyensoran dan puncaknya adalah melarang menggunakan media social Twitter.

 

91. Kisah cinta antara Cleopatra dan Mark Anthony akan berakhir selamanya. Di Turki ada pulau yang bernama Cleopatra. Mark Anthoni memberikan sebuah pulau yang berada di barat daya Turki kepada kekasihnya.

Advertisements